Analisis Variable yang Memengaruhi Minat Pemilihan Perguruan Tinggi
Abstract
Kebijakan Promosi dari Universitas untuk mendapatkan mahasiswa baru merupakan hal yang vital bagi kelancaran proses penerimaan Mahasiswa Baru. Pihak lembaga perlu mengkaji dan melakukan analisis yang baik sebelum melakukan promosi. Di era sekarang, banyak media yang dapat dijadikan sebagai media promosi. Dengan berkembangnya cara penyebaran informasi serta banyaknya media pihak yang berkepentingan sudah seharusnya jeli mana yang mendapat prioritas lebih dari semua banyak lini media tempat promosi. Ketika tingkat prioritas sudah ditentukan maka upaya promosi akan menjadi lebih mudah dan lebih tepat sasaran. Akan tetapi penentuan tingkat prioritas tidak dapat dilakukan secara asal dan sembarangan. Perlu dilakukan pengkajian yang lebih dalam bukan hanya sekedar intuisi belaka. Penelitian ini membahas tentang pengaruh promosi dengan minat calon mahasiswa memilih AMIKOM sebagai universitas pilihan dengan acuan tiga variable yaitu sosial media, website, dan referensi alumni. Pengolahan data menggunakan software SPSS dan SPSS AMOS untuk mencari validitas, reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil yang didapatkan adalah semua variable signifikan, dengan urutan dari nilai tertinggi ke terendah adalah Sosial Media, Referensi Alumni, dan Website.
Kata Kunci—Promosi, Validitas, Reliabilitas, Hipotesis
Promotion policy from the University to get new students is vital for the smooth process of admission of New Students. The institution needs to review and conduct a good analysis before conducting a promotion. In this era, many media can be used as promotional media. With the development of ways of disseminating information and the many media interested parties it should be observant which gets priority over all the many lines of media wherepromotion. When the priority level has been determined, the promotion effort will be easier and more targeted. However, the determination of priority levels cannot be done arbitrarily and carelessly. Deeper studies need to be done not just mere intuition. This study discusses the effect of promotion with the interest of prospective students choosing AMIKOM as the university of choice with three variables reference, namely social media, website, and alumni reference. Data processing using SPSS and SPSS AMOS software to find validity, reliability, and hypothesis testing. The results obtained are all significant variables, with the order from highest to lowest values are Social Media, Alumni Reference, and Website.
Keywords— Promotion, Validity, Reliability, Hypothesis
Full Text:
PDFReferences
Lestari, P., Suparlinah, I., 2010, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi, Jurnal Manajemen dan Akuntansi, No. 02, Vol. 11, Hal. 144–152.
Susanto, H., Rinaldi, A., Novalia., 2015, Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Pelajaran Matematika, No. 3, Vol. 37, Hal. 203 - 218
Afandi, I. A., Kusyanti, A., Wardani, N. H., 2017, Analisis Hubungan Kesadaran Keamanan, Privasi Informasi, Perilaku Keamanan Pada Para Pengguna Media Sosial Line, Journal JPTIIK, No. 9, Vol. 1, Hal. 783–792
Pradana, M. G., Pamekas, B. W., Kusrini., 2018, Penyakit Diabetes Mellitus Menggunakan Metode Certainty Factor Design Expert System for Diagnosing Diabetes, CCIT Journal, No. 2, Vol. 11, Hal. 182–191.
Saputro, P. H., Pradana, M. G., Nurcahyo, A., 2020, Pengaruh Sentimen Di Sosial Media Dengan Harga Saham Perusahaan, Jurnal Ilmiah EDUTIC, No. 2, Vol. 6.
Pradana, M. G., Kusrini., Luthfi, E. T., Perbandingan Metode Weighted Product Dan Simple Additive Weighting Dalam Seleksi Pengurus Forum Asisten (Studi Kasus: Universitas Amikom Yogyakarta), Jurnal Informasi Interaktif, No. 2, Vol. 4.
Parinding, R. G., 2017, Analisis Pengaruh Komitmen Afektif, Komitmen Berkelanjutan, Dan Komitmen Normatif Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Ketapang, Magistra Jurnal Ilmu Manajemen, No. 2, Vol. 1, Hal. 88–107.
Nofiana, A., Widhiandhono, H., 2017, Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Loyalitas Pelanggan, Jurnal MEDIA Ekononomi, No. 2., vol. 17, Hal. 59–67
Santoso, S., 2001, Mengolah Data Statistik Secara Profesional, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Guilford, J. P., 1973, Fundamental Statistic in Psychology and Education, McGraw-Hill Companies, New York.
DOI: https://doi.org/10.24076/citec.2020v7i1.202
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Dedicated to: