Analisis Aspek-Aspek Kualitas Skema Database Kepegawaian Untuk Optimalisasi Perekrutan Karyawan
Abstract
Permasalahan manajemen kepegawaian pada Kantor Kementerian khususnya kantor Pekerjaan Umum adalah pada data kepegawaian, data pegawai yang di setiap tahunnya mengalami pengurangan dan penambahan, sehingga perlunya analisis data pegawai untuk mengetahui kebutuhan pegawai (SDM) tersebut sesuai dengan jabatan dan kebutuhan. Solusi dari permasalahan diatas yaitu menganalisa database yang lama dan merekomendasikan skema database yang baru dengan menganalisis dari aspek-aspek kualitas skema database untuk memberikan rekomendasi langkah yang sesuai kebutuhan kepegawaian khususnya pada data pegawai yang berhubungan dengan data pensiun dan data jabatan minimal 3 tahun yang sudah ada, agar tidak adanya tumpang tindih pegawai dalam satu unit dan agar mempermudah dalam mendata kebutuhan SDM untuk keperluan rekrutmen karyawan yang lebih seimbang, terstruktur, efektif dan efisien. Hasil dari menganalisa database kepegawaian ini menggunakan acuan dari aspek-aspek kualitas skema database yang meliputi kebenaran dengan belum ada kejelasan pada kepemilikan constraint, konsistensi penghapusan pada primary key yang berpengaruh ke foreign key dan relevansi masih diperlukan reference primary key ada parent table ke child table.
Kata Kunci — kualitas, skema database, kepegawaian, optimalisasi
Personnel management problems in the Office of the Ministry especially the Public Works office are on staffing data, the data of employees in each year experience a reduction and addition, so the need for employee data analysis to determine the needs of employees (HR) in accordance with their position and needs. The solution to the above problems is analyzing the old database and recommending a new database scheme by analyzing the quality aspects of the database schema to provide recommendations for steps that suit staffing requirements, especially on employee data relating to pension data and minimum 3-year occupational data that already exists In order to avoid overlapping employees in one unit and to make it easier to record HR needs for more balanced, structured, effective and efficient employee recruitment needs. The results of analyzing this personnel database use references from database aspects that contain truth with no clarity on constraint ownership, consistency in primary keys related to foreign keys and relevance still requires primary key references there are parent tables to child tables.
Keywords— quality, scheme database, employee, optimization
Full Text:
PDFReferences
Gat, 2015, Perancangan Basis Data dengan Menerapkan Model Data Relasional, Citec Journal, No, 4, Vol. 2, Hal. 304–315.
Raharjo, S., Sutant, E., Utami, E., 2007, Analisis Aspek-aspek Kualitas Schema Database, Seminar Nasional Teknologi 2007, Yogyakarta, November 24
Whitten, J. L., Bentley, L. D., Dittman, K. C., 2004, System Analysis and Design Methods, (6th ed). McGraw-Hill, Pennsylvania
Azizah, N., Mulyandi, R., Monica, 2013, Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Guru Berbasis Web Pada SMA Negeri 6 Tangerang, Jurnal Eksplora Informatika, No. 2, Vol.2, Hal. 147-158
Al fatta, H., 2007, Analisis & Perancangan Sistem Informasi, Andi Publisher, Yogyakarta.
McLeod, R. Jr., Schell, G., 2001, Management Information Systems, Pearson Prentice-Hall, London.
Arief, M. R., 2005, Pemrograman Basis Data dengan Transact-SQL menggunakan SQL Server, Andi Publisher, Yogyakarta.
Utami, E., Hartanto. A. D., 2012, Sistem Basis Data Menggunakan Microsoft SQL Server 2005, Andi Publisher, Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.24076/citec.2018v5i4.194
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Dedicated to: