Analisis Data Informasi untuk Perencanaan Sistem Informasi Politeknik Negeri Tanah Laut

Eka Wahyu Sholeha, Bambang Soedijono WA, Asro Nasiri

Abstract


Pengembangan sistem informasi yang tidak terencana secara sistematis akan mengakibatkan organisasi tidak memiliki skala prioritas proyek pengembangan SI/TI dan terkesan tambal sulam yang akan berdampak pada perununan produktivitas organisasi. Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) merupakan perguruan tinggi di Kabupaten Tanah Laut yang terletak di Kalimantan Selatan. Dengan perencanaan strategis sistem informasi pada Politala dapat mendukung rencana dan pengembangan bisnis ke depannya. Dalam upaya yang dilakukan untuk penerapan sistem informasi guna meningkatkan efisiensi kerja, keefektifan manajemen dan keunggulan kompetitif di suatu organisasi, maka dituntut untuk melakukan pemetaan informasi data sebagai acuan dalam menentukan pembuatan sistem informasi yang dibutuhkan agar sesuai dengan kebutuhan informasi yang ada. Dengan menggunakan metode Value Chain untuk menggambarkan aktivitas utama dan pendukung guna memetakan kebutuhan informasi data, dan menggunakan metode SWOT untuk menganalisis lingkungan sekitar Politala. Hasil dari penelitian ini adalah informasi data yang sesuai dengan aktifitas organisasi yang dapat menjadi acuan untuk perencanaan strategis sistem informasi lebih lanjut.
Kata Kunci—Perencanaan Strategis, Sistem Informasi, Informasi Data

The systematic development of unplanned information systems will result in organizations not having the priority scale of IS / IT development projects and seemingly patchy that will have an impact on organizational productivity growth. Tanah Laut State Polytechnic (Politala) is a college in Tanah Laut Regency located in South Kalimantan. With strategic planning information systems at Politala can support plans and business development in the future. In an effort made to implement information systems to improve work efficiency, management effectiveness and competitive advantage in an organization, it is required to map data information as a reference in determining the information system needed to fit existing information needs. By using the Value Chain method to describe the main and supporting activities to map data information needs, and use the SWOT method to analyze the surrounding environment of Politala. The results of this study are data information that is in accordance with the activities of the organization which can be a reference for further strategic information system planning.
Keywords—Strategic Planning, Information Systems, Data Information


Full Text:

PDF

References


Hammer, M., Champy, J., 1993, Reengineering The Corporation. Nicholas Brealey Publishing Ltd, London.

Wheelan, T. L., Hunger, J. D., 2004, Strategic Management and Business Policy, Prentice Hall, New Jersey.

Ward, J., & Peppard, J., 2002, Strategic Planning for Information System (2nd ed), John Wiley & Sons, New York.

Earl, M. 1996. Manajemen Strategies for Information Technology, Prentice Hall, United States.

Ward, J., and Griffiths, P., 1996, Strategic Planning for Information Systems, John Wiley & Sons, New York.

Pearce II, John A., dan Robinson, Richard B. 2011. Strategic Management : Formulation, Implementation and Control, McGraw-Hill Education, Pennsylvania Plaza.

Widiati, I.S., Utami, E., Henderi. 2015. Perencanaan Strategis Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Sekolah Islam Terpadu. Citec Journal, Vol. 2, No. 4, Hal 329 – 340.

Julianto., Minarto, G.B., Ridwan, E., 2018. Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada PD Solaris Inti Persada Pontianak. Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SENSITEK). Pontianak, 12 Juli.

Syarifudin, G., 2013. Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pengukuran Kinerja Dosen dengan Menggunakan IT-Balance Scorecard. Jurnal Ilmiah SISFONTETIKA. Vol. 3, No. 1, Hal 61 - 70.

Wisdaningrum, O., 2013. Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Dalam Lingkungan Perusahaan. Jurnal ANALISA. Vol. 1, No. 1. Hal 40 - 48.

Rangkuti. F., 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24076/citec.2018v5i2.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Dedicated to:

 

Creative Information Technology Journal (CITEC Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License