Kajian Analisa: Penerapan dan Pengembangan e-Government pada Pemerintah Propinsi Bali

Ni Ketut Dewi Ari Jayanti

Abstract


eGovernment merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kegiatan kepemerintahan yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada berbagai pihak secara efektif dan efisien. Pihak pengguna eGovernment mencakup populasi yang luas, baik kalangan pemerintah, warga negara maupun kalangan bisnis, sehingga pada akhirnya tercipta hubungan yang saling menguntungkan. Penerapan eGovernment di Bali pada umumnya baru pada tahap yang sangat awal, yaitu tahap publish. Bahkan informasi yang dipublish tersebut sudah kadaluarsa, karena tidak pernah diupdate. Disamping itu belum adanya kajian analisa penerapan eGovernment yang dapat dijadikan acuan dalam pengembangan eGovernment, serta tingkat keberhasilan penerapannya. Metode penelitian ini diawali dengan pengambilan data yang dilanjutkan dengan mengidentifikasikan permasalahan dengan menggunakan teknik PIECES (Performance, Information, Economics, Control and Security, Efficiency, Service). Tahap berikutnya, menganalisa permasalahan yaitu dengan mengidentifikasikan permasalahan dan sebab akibatnya untuk memperoleh System Improvement Objective. Tahapan ini dilakukan dengan mengadopsi tahap Problem Analysis dari metodologi FAST (Framework for The Application of System Techniques). Penelitian dilakukan pada pemerintahan Propinsi Bali dan penelitian ini menghasilkan kajian analisa penerapan eGovernment yang dapat dijadikan acuan dalam pengembangan proyek eGovernment, khususnya di wilayah Bali.

Full Text:

PDF

References


The World Bank Group, 2007, eGovernment Definition. http://www1.worldbank.org/publicsector/egov/definition.htm, Diakses pada tanggal 11 Juli 2017.

Loura H., 2014, Studi Penerapan eGovernment di Indonesia dan Negara lainnya sebagai Solusi Pemberantasan Korupsi di Sektor Publik, Jurnal Rechts Vinding, Vol. 3, No. 3.

Diah R.A., 2016. Penerapan Kebijakan eGovernment dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda, eJournal Ilmu Pemerintahan. Vol. 4, No.4

Dien N., 2014. Faktor-Faktor Penghambat Pengembangan eGovernment: Studi Kasus Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, Jurnal Eksplora Informatika. Vol. 4, No. 1.

Jayanti N.K.D.A, 2009, State of the Art: Riset Pengembangan eGovernment, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi, Vol 6, No 1.

Riyadi S., Soedijono B., Amborowati A., 2015, Pemodelan Enterprise Architecture Pelayanan di RSUD Murjani Sampit, Jurnal CITEC. Vol. 2, No. 4.

Alshihi, H., 2006, Critical Factors in the Adoption and Diffusion of eGovernment Initiatives in Oman, Doctor of Philosophy Thesis, School of Information Systems, Faculty of Business and Law, Victoria University.




DOI: https://doi.org/10.24076/citec.2017v4i2.105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Dedicated to:

 

Creative Information Technology Journal (CITEC Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License