Perancangan Aplikasi Tes IQ Siswa untuk Pertimbangan Pemilihan Jurusan dengan Metode Forward Chaining

Ahyuna Ahyuna, Irmawati Irmawati

Abstract


IQ merupakan pengelompokan kecerdasan manusia, untuk mengetahui kecerdasan seseorang berbagai macam alat ukur yang digunakan diantaranya adalah tes inteligensi, tes emosional, tes spiritual, psikotes dan alat ukur lainnya. Semakin tinggi semangat orang untuk meraih sukses, semakin tinggi pula kebutuhan akan modal intelektual, emosional, psikologis, minat dan bakat. Segala kemampuan tersebut bisa jadi merupakan bakat terpendam dalam diri yang belum tergali, ataupun bakat yang harus dimunculkan dengan berbagai latihan. Tes IQ dalam penentuan dan pertimbangan pemilihan jurusan pada sekolah biasanya dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk mengetahui hasil IQ dalam penentuan pemilihan jurusan, selain itu banyak peserta tes sulit memahami untuk menghitung hasil tes IQ karena cukup rumit sehingga untuk mempermudah pihak sekolah dalam melaksanakan tes IQ penentuan jurusan maka diperlukan adanya suatu aplikasi yang berbasis komputer dan untuk membangun aplikasi yang akan digunakan bahasa pemrograman serta metode pengujian white box. Hasil evaluasi terhadap aplikasi yang dibangun sangat membantu serta mempercepat pihak sekolah dalam penentuan jurusan dan tepat dalam penentuan jurusan siswa yang disesuaikan kemampuan mereka serta membudayakan pemakaian komputer di kalangan siswa.

IQ is a grouping of human intelligence, to determine a person's intellect wide range of measuring instruments used include intelligence tests, tests of emotional, spiritual tests, psychological and other measuring devices. The higher the spirit of people to achieve success, the higher the need for intellectual capital, emotional, psychological, interests and talents. All these capabilities can be a hidden talent within untapped, or talent that should be raised with the various exercises. IQ tests in the determination and consideration of election department at school is usually done manually and requires considerable time to know the results of IQ in determining the selection of majors, besides many test-takers is difficult to understand to calculate the results of an IQ test because it is quite complicated so as to facilitate the school in IQ tests determining the department implement the necessary existence of a computer-based applications and to build applications that will use the programming language as well as white-box testing methods. Results of evaluation of the applications that are built very helpful as well as accelerate the schools in the determination of the exact majors and students majoring in determining adjusted their abilities and cultivate the use of computers among students.



Full Text:

PDF

References


Suryana, F., 2011, Metode Pengujian Perangkat Lunak (White Box), http://suryagsc.files.wordpress.com/2012/04/meeting-9-whitebox.ppt, diakses tanggal 23 Desember 2014.

Misbach, I. H., 2008, Antara IQ, EQ, dan SQ Pelatihan Nasional Guru Se-Indonesia, Tesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Ulysses, J. F., 2012, Sistem Pakar “Metode Inferensi II-Forward Chaining & Backward Chaining”, Bahan Ajar pada STMIK Palangkaraya.

Widodo, P. P., Herlawati., 2011, “Menggunakan UML”, Informatika, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24076/citec.2016v3i2.69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Dedicated to:

 

Creative Information Technology Journal (CITEC Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License