Penerapan Teknik Rotoscoping pada Karakter Animasi 2D Pembelajaran Makhraj Huruf Hijaiyah

Ahmad Sarid Ezra Fathin, M Suyanto, Amir Fatah Sofyan

Abstract


Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia sangat akrab dengan Bahasa Arab. Penggunaan Bahasa Arab telah menjadi kebutuhan baik untuk beribadah atau penggunaan dalam percakapan sehari-hari. Salah satunya adalah membaca Al-Quran. Tidak seperti bacaan yang lain, membaca Al-Qur’an memiliki ketentuan khusus yang harus diperhatikan. Ilmu tersebut dinamakan sebagai ilmu tajwid. Salah satu cabang dalam ilmu tajwid adalah Makhraj Huruf, yaitu ilmu yang mempelajari tentang tempat-tempat keluarnya huruf pada waktu huruf-huruf itu dibunyikan. Mempelajari makhraj huruf dapat dilakukan dengan berbagai cara baik melalui guru secara langsung atau melalui media-media yang tersedia salah satunya dengan animasi. Untuk menghasilkan animasi yang akurat dilakukan teknik rotoscoping dan membandingkannya dengan teknik Auto Lip-Sync sehingga menghasilkan perbandingan baik secara teknis maupun kualitasnya. Parameter pengukuran secara teknis dinilai menggunakan tiga aspek, yaitu frame yang dihasilkan, waktu rendering yang dibutuhkan, dan ukuran file yang dihasilkan. Dari perbandingan tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa penggunaan teknik rotoscoping menghasilkan animasi yang nautral dan akurat. Sesuai dengan respon pengguna, animasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pendamping karena tidak bisa mengganti cara konvensional dalam belajar makhraj huruf.
Kata Kunci— Animasi 2D, Rotoscoping, Auto Lip-sync, Makhraj Huruf, Huruf Hijaiyah,

Indonesia as one of the countries with the largest Muslim population in the world is very familiar with Arabic. The use of Arabic has become a necessity for worship or use in daily conversation. One of them is reading the Quran. Unlike other book, reading the Qur'an has special provisions that must be considered. The knowledge is called tajweed. One branch of tajweed is makhraj huruf, which is the study of the places where letters are released when the letters are sounded. Learning the letters makhraj can be done in various ways either through the teacher directly or through the media available, one of them with animation. To produce an accurate animation rotoscoping technique and compare it with the Auto Lip-Sync technique to produce a comparison both technically and quality. Measurement parameters are technically assessed using three aspects, namely the resulting frame, the required rendering time, and the resulting file size. From these comparisons, it can be concluded that the use of rotoscoping techniques in making animated letters recognition introduces accurate and accurate animations. In accordance with user responses, this animation can be used as a companion of learning because it cannot replace conventional ways of learning letter makhraj.
Keywords—2D Animation, Rotoscoping, Auto Lip-Sync, Makhraj Huruf, Hijaiyah Letters


Full Text:

PDF

References


Kurnaedi, A. Y., Jabal, N. S., 2014, Metode Asy-Syafi’i – Ilmu Tajwid Praktis, Pustaka Imam Asy-Syafi’i, Jakarta

Baharudin, H., Lubis, M. A., Yusoff, M. N. R. N., 2018, Tajweed Learning Through the Support of Arabic Phonetic (Pembelajaran Tawjid Melalui Sokongan Fonetik Arab), Jurnal Hadhari, No. 2, Vol. 10.

Hompu, U. M. L., Yamin, M., Sagala, L. O. H. S., 2016, Multimedia Pembelajaran Interaktif Makhraj Huruf Hijaiyah, Wudu, dan Salat Menggunakan Adobe Flash CS6 berbasis Mobile Android, semanTIK, Vol.2, No.2, Hal. 103-114.

Saputra, D. A., 2017, Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Makhorijul Huruf Hijaiyah Berbasis Animasi, Skripsi, Teknologi Informasi Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Llorach, G., Evans, A., Blat, J., Grimm, G., Hohmann, V., 2016, Web-Based Live Speech-Driven Lip-Sync, 2018 Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications, Wurzburg, 05 Septeber

Rahman, F., Suminto, M., Purwacandra, P. P., 2017, “Burnout” Animasi Dua Dimensi Dengan Teknik Rotoscope, Journal of Animation and Games Studies, NO. 2, Vol.3.

Ifraweri, 2018, Rancang Bangun Film Animasi 2D dengan Metode Rotoscoping Live Shot, Tesis, Magister Teknik Informatika, STMIK AMIKOM, Yogyakarta

Murphy, I., Norlund, T., Pallipuram, V. K., 2017, A Best-Features based Digital Rotoscope, 2017 51st Asilomar Conference on Signals, Systems, and Computers, Pacific Grove, 29 October 29 - 1 November

Hasibuan, Z. A., 2007, Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia

Binanto, I., 2010, Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya, Andi Offset, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.24076/citec.2021v8i1.262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Dedicated to:

 

Creative Information Technology Journal (CITEC Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License