Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul

Sewindu Putro, Kusrini Kusrini, Mei Parwanto Kurniawan

Abstract


Lapor Bantul adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Bantul yang berfungsi untuk menangani segala permasalahan dan keluhan-keluhan di sekitar kabupaten Bantul. Berdasarkan seluruh data review dan rating dari pengguna Lapor Bantul yang sudah di dikumpulkan dan kemudian diklasifikasikan antara review positif dan negatif, mayoritas review yang diberikan pengguna berisi ungkapan kekecewaan dan keluhan terhadap aplikasi tersebut. Dalam penelitian ini metode yang akan digunakan adalah User Experience Questionnaire (UEQ) dengan menggunakan 6 skala pengukuran pengalaman pengguna dan metode evaluasi kooperatif untuk menentukan masalah yang dihadapi oleh pengguna saat menggunakan aplikasi Lapor Bantul. Tujuan evaluasi ini adalah mengukur pengalaman pengguna dan hasil rekomendasi user experience yang digunakan untuk membangun prototipe. Hasil pengukuran pengalaman pengguna aplikasi Lapor Bantul mengalami peningkatan dalam setiap skala kuesioner pengalaman pengguna, termasuk daya tarik dengan peningkatan 0,89, perspektif 1,23, efisiensi 0,63, keandalan 0,81, stimulasi 0,74 dan kebaruan 0,78. Kemudian, di benchmark UEQ perbandingan desain sebelum dievaluasi dan sesudah dievluasi juga mengalami peningkatan pengalaman pengguna, yang sebelumnya kategorikan dalam kategori below average (di bawah rata-rata) menjadi good (baik).
Kata Kunci Lapor Bantul, User Experience, User Interface, UEQ, Cooperative Evaluation


Lapor Bantul is an application made by the district government of Bantul which functions to handle all problems and complaints around Bantul district. Based on all the reviewand rating data from Lapor Bantul users that has been collected and then classified between positive and negative reviews, the majority of reviews given by users contain expressions of disappointment and complaints about the application. In this study the method to be used is User Experience Questionnaire (UEQ) using 6 scales of user experience measurement and cooperative evaluation methods to determine the problems faced by users when using the application to Lapor Bantul. The purpose of this evaluation is to measure user experience and the user experience recommendations used to build prototypes. The results of measuring user experience in the Lapor Bantul experienced an increase in each scale of the user experience questionnaire, including attraction with an increase of 0.89, perspective 1.23, efficiency 0.63, reliability 0.81, stimulation 0.74 and novelty 0.78. Then, in the UEQ benchmark the comparison of designs before being evaluated and after being evaluated also experienced an increase in user experience, which
previously categorized the below average category to be good.
Keywords Lapor Bantul, User Experience, User Interface, UEQ, Cooperative Evaluation


Full Text:

PDF

References


Saefullah, H.A., Djaja, 2008, Pemikiran Kontemporer Administrasi Publik Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Era Desentralisasi, AIPI dan PK2W Lemlit Unpad, Bandung.

Garrett, J.J., 2011, The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond, Ed. 2, New Riders, United State of America.

ISO 9241, 2010, User Experience Glossary, https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:- 210:ed-1:v1:en, diakses pada 30 Juni 2019.

Norman, D., 2016, The Definition of User Experience (UX), www.nngroup.com.

Azis, M. A., Az-Zahra, H.M., Fanani, L., 2019, Evaluasi dan Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Layanan Pengaduan Masyarakat Online Menggunakan Human-Centered Design, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, No. 1, Vol. 3, Hal 529-537.

Wibowo, W. S., Az-Zahra, H. M., Bachtiar, F.A., 2018, Evaluasi dan Rekomendasi Tampilan Website E-Complaint Universitas Brawijaya Pada Perangkat Bergerak Menggunakan Metode Heuristic Evaluation, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, No. 12, Vol. 2, Hal 7192-7201

Santoso, N.A., Virginia, G., Susanto, B., 2017, Evaluation Interface Design to Build User Experience on SInTA Service Christian Duta Wacana University Yogyakarta, Transmormatika, No. 1, Vol. 15, Hal 26 – 35.

Wulandari, I. R., Farida, D. L., 2018, Pengukuran User Experience Pada E-Learning Di Lingkungan Universitas Menggunakan User Experience Questionnare (UEQ), Jurnal Mantik Penusa, No. 2, Vol. 2, Hal 146 – 145.

Schrepp, M., 2015, User Experience Questionnaire Handbook, Germany.

Monk, A., Wright, P., Haber, J., Davenport, L., 1993, Improving Your Human-Computer Interface, Prentice-Hall, A Practical Technique (Bcs Practitioner).




DOI: https://doi.org/10.24076/citec.2019v6i1.242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Dedicated to:

 

Creative Information Technology Journal (CITEC Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License