Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Terbaik

Veny Cahya Hardita, Ema Utami, Emha Taufiq Luthfi

Abstract


Peran sales dalam sebuah perusahaan yaitu seseorang yang bertugas untuk melakukan tugas menawarkan, mendistribusikan dan mencari pesanan pelanggan yang berupa produk, termasuk juga mengumpulkan informasi tertentu dari para konsumen. Sehingga tugas sales ini sangat penting dalam pendapatan sebuah perusahaan. Dengan membuat apresiasi setiap bulan berupa tunjangan bonus setiap bulan yang hanya diberikan kepada sales terbaik, maka akan memberikan semangat para sales dalam melakukan promosi dan penjualan terhadap produk pada perusahaan tersebut. Dalam memberikan apresiasi diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan untuk merangkingkan sales terbaik yang akan dipilih. Penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Technique for Order Preference by Similarity (TOPSIS). Metode ini dirasa mampu untuk merekomendasikan sales terbaik setiap bulannya pada suatu perusahaan. Hasil dari penelitian ini berupa rangking dan selanjutnya akan dibuat rekomendasi untuk sales terbaik yang akan dipilih. Hasil yang didapat pada penelitian menggunakan metode SAW TOPSIS yaitu alternatif C11 terpilih sebagai sales terbaik dengan nilai 0,650 sehingga menjadikan Afandi sales terbaik.
Kata Kunci—Sales, SAW, TOPSIS, Rangking

The role of sales in a company is someone who is tasked with the task of offering, distributing and searching for customer’s product order, this is include collecting certain information from customers. So the sales task is very important for earnings of company with monthly appreciation in the form of bonus allowance for the best sales, it is expected to encourage sales to promote and sell the company’s product. In giving appreciation need a decision support system to rank the best sales to be chosen. This research will discuss about the implementation of Simple Additive Weighting (SAW) and Technique for Order Preference by Similarity (TOPSIS) method. This method is considered capable of recommending the best sales every month for a company. The results of this research are in the form of ranking and recommendations will then be made for the best sales to be selected. The research result using SAW and TOPSIS method is the alternative C11 is choose as the best sales with score 0.650 and made Affandi as the best sales.
Keywords—Sales, SAW, TOPSIS, Ranking


Full Text:

PDF

References


Helilintar, R., Winarno, W.W., Al Fatta, H. 2016. Penerapan Metode SAW dan Fuzzy Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa. Citec Jurnal. Vol. 3, No. 2, Hal 89 - 101.

Mufizar, T. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi di STMIK Tasikmalaya Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). CSRID Journal. Vol.7 No.3, Hal. 155-166

Fitriana, A.N., Harliana., Handaru. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Prestasi Akademik Siswa dengan Metode TOPSIS. Citec Journal, Vol. 2, No. 2, Hal 153 - 164.

Kusmiati, H., Octafian, D.T. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Program Studi Berprestasi Menggunakan Metode TOPSIS. CSRID Journal, Vol.9 No.3. Hal 125 - 137.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., Wardoyo, R. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sari, Febrina. 2017. Metode dalam Pengambilan Keputusan. Deepublish. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24076/citec.2018v5i2.177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Dedicated to:

 

Creative Information Technology Journal (CITEC Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License