Evaluasi Kualitas Layanan Website Alumni Menggunakan Metode Webqual 4.0
Abstract
Website Portal Alumni Amikom Yogyakarta yang dapat diakses pada alamat domain alumni.amikom.ac.id merupakan bagian dari Universitas Amikom Yogyakarta yang berfungsi sebagai sarana berbagi informasi sekaligus bertindak sebagai penghubung antara perusahaan pencari tenaga kerja dan para pencari kerja khususnya alumni Universitas Amikom Yogyakarta. Selama ini website alumni sudah berjalan belum dilakukan evaluasi terhadap kualitas layanan website yang didasarkan pada persepsi pengguna akhir sebagai umpan balik kepada pengelola website sehingga pengelola dapat mengetahui sejauh mana kepuasan pengguna dan kualitas layanan yang sudah diberikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas layanan website alumni menggunakan tiga dimensi yang ada pada metode Webqual 4.0. Tiga dimensi itu sendiri terdiri dari Kegunaan, Kualitas Informasi, dan Kualitas Interaksi Layanan. Pendistribusian kuisioner dilakukan terhadap 200 sampel responden. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh ketiga dimensi Webqual 4.0 terhadap kepuasan pengguna. Dimensi yang paling berpengaruh yaitu Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan. Hal ini berarti peningkatan dapat dilakukan pada indicator yang memiliki nilai rata-rata terendah. Peningkatan pada dimensi Kualitas Informasi dapat dilakukan perbaruan secara berkala sehingga informasi yang disajikan menjadi lebih relevan. Sedangkan untuk dimensi Kualitas Interaksi Layanan dapat dilakukan dengan meningkatkan pelayanan terhadap keluhan seputar website alumni.
Kata Kunci — Kualitas Layanan, Website Alumni, Webqual 4.0
The Alumni Amikom Yogyakarta Website which can be accessed at the domain address alumni.amikom.ac.id is part of the Amikom University of Yogyakarta which serves as a means of sharing information while acting as a liaison between the company and job seekers, especially alumni of Yogyakarta Amikom University. So far, the alumni website has been running, yet an evaluation of the quality of website services has been carried out based on the perception of the end user as feedback to the website manager so that the manager can find out how far the user satisfaction is and the quality of the service provided. The purpose of this study is to determine the quality of the alumni website service using three dimensions that exist in the method of Webqual 4.0, there are Usability, Information Quality, and Service Interaction Quality. The conclusion of this study is the influence of the three dimensions of Webqual 4.0 on user satisfaction. The most influential dimensions are Information Quality and Service Interaction Quality. This means that an increase can be made on an indicator that has the lowest average value
Keywords— Quality of Service, Alumni Website, Webqual 4.0
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A, L., 2017, Aplikasi Tracer Study Berbasis Website Responsive Pada Fakultas Universitas Jendral Soedirman Purwokerto, INTI, Vol. 13, No. 2, Hal 125- 132.
Muhibbin, 2012, Peran Media Dalam Hubungan Perguruan Tinggi dan Alumninya. https://www.kompasiana.com/bayumw/55619fe670977394789bbf1b/peran-media-dalam-hubungan-perguruan-tinggi-dan-alumninya.
K Hansen, 2016, Creating a Successful Partnership Between Industry, Academia and Goverment, IEEE Design & Test, September – Oktober 2016, Hal. 84-91
C Sinaga, 2018, Web Monitoring Alumni Politeknik Telkom Bandung. [Online]. http://www.repository.politekniktelkom.ac.id, diakses tanggal 24 September 2018.
Belash, O.,E., 2015, Research on University Education Quality Assurance: Methodology and Result of Stakeholders Satisfaction Monitoring, Procedia-Social and Behavioral Sciences, Bulgaria, 15-18 June.
Soejono, A.,W., 2018, Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan System Usability Scale (Studi Kasus: Website UNRIYO), Jurnal Teknologi Informasi, Vol. 13, No. 1, Hal 29-37.
Sumiari, N .K., Budhi, I. G. kt. T. P., 2017, Pengukuran Customer Satisfaction Index Terhadap Pelayanan di Century Gym, Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, Vol. 7, No. 1, Hal 25-37.
Winarno, W. W., Sudarmawan, Astuti, E. P., 2014, Pengaruh E-Commerce Toko Online Fashion Terhadap Kepercayaan Konsumen, Citec Journal, Vol 1, No 2, Hal. 65-77.
Firtiansyah, A.,I., 2018, Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS), Jurnal Sistem Informasi, Vol. 2 No. 1, Hal 1-8.
Sujono, 2017, E-Learning Quality Analysis of Use of Web Conference in The Improvement of Students with Learning Method Webqual, International Journal of Science and Technology, Vol. 6 No.1, Hal 8-14.
Rahmad, 2017, Analisis Dampak Kepercayaan Pada Pengguna Media Pemasaran Online (E-commerce) yang Diadopsi oleh UMKM: Perspektif DeLone McLean, Jurnal Manajemen Teknologi. Vol. 16 No.3, Hal 310 – 337.
Suryadi, E., Darmanto, Furkonidin, 2016, Evaluasi Kualitas Layanan Website E-commerce Blibli.com Menggunakan Metode Webqual 4.0 Terhadap Keputusan Pembelian Online, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. Yogyakarta, 6-7 Februari.
Anwar, M.,F., S. Hermawati B.S. Santosa, 2015 , Analisa Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada situs Kaskus, National Conference on Information Technology and Technical Engineering (CITEE). Yogyakarta, 15 September.
Barnes, S., Vidgen, R., 2000, WebQual: An Exploration of Web-Site Quality, Proceedings of the 8th European Conference on Information Systems, Trends in Information and Communication Systems for the 21st Century, ECIS, Viena, 3-5 Juli 2000.
Tarigan, J., 2008, User Satisfaction Using Webqual Instrument: A Research on Stock Exchange of Thailand (SET), Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 10, No. 1, Hal. 34-47.
L. W., & Jiao, A. Y Zhong, 2008 , The Impact of Website and Offline Quality on Relationship Quality: An Empirical Study on E-retailing., Proceedings of 4th International Conference on Wireless Communications, Networking and Mobile Computing Conference (WICOM), China, 12-17 October.
Sugiyono, 2012, Statistika Untuk Penelitian. CV. Alfabeta, Bandung.
DOI: https://doi.org/10.24076/citec.2018v5i2.173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Dedicated to: