Pengembangan Prototype Tes Psikologi Perencanaan Karir Siswa SMA
Abstract
Karir adalah salah satu hal penting yang perlu disiapkan dalam kehidupan seseorang. Perencanaan karir idealnya dilakukan pada masa remaja. Meskipun demikian, banyak siswa SMA masih belum bisa menentukan dan mengambil keputusan tentang pemilihan studi lanjut di Perguruan Tinggi. Lembaga Psikologi DTC membutuhkan pengembangan sistem agar dapat menggantikan peran dari sesi konseling untuk dapat memberikan rekomendasi jurusan kepada siswa yang berasal dari bimbingan belajar yang bekerja sama dengan mereka. Karena keterbatasan tenaga ahli untuk konseling di beberapa kota, maka dibutuhkan pengembangan sistem untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Pada penelitian ini, prototype psikotes yang akan dikembangkan adalah tes perencanaan karir. Tes perencanaan karir ini adalah tes model CBT (Computer Base Test) yang berisi tes kognitif (bakat) dan tes minat. Bentuk dari tes kognitif adalah multiple choice menggunakan teori Sternberg. Bentuk dari tes minat adalah forced choice menggunakan teori Holland. Hasil dari prototype ini berupa report yang berisi tentang hasil dari tes kognitif, tes minat dan rekomendasi jurusan yang cocok untuk siswa SMA.
Kata Kunci — Sistem Pakar, Psikologi, Kognitif, Minat, Sternberg, Holland.
Career is one of the important things that need to be prepared in a person's life. Career planning is ideally done in adolescence. Even so, many high school students still cannot determine and make decisions about the selection of advanced studies in college. The DTC Psychology Institute requires the development of a system so that it can replace the role of the counseling session to be able to provide recommendations of college majors to students from tutoring agency who collaborate with the DTC. Because of the limited expert for counseling in several cities, it is necessary to develop a system to improve service quality. In this study, the prototype psychological test that will be developed is a career planning test. This career planning test is a Computer Base Tes) model that contains cognitive tests (aptitude) and interest tests. The form of cognitive test is multiple choice using Sternberg’s theory. The form of interest test is forced choice using Holland’s theory. The results of this prototype is a report containing the results of cognitive tests, interest tests and recommendations of college majors that are suitable for high school students.
Keywords— Expert System, Psychology, Cognitive, Interet, Sternberg, Holland.
Full Text:
PDFReferences
Andayati. D, 2012, Sistem Pakar Dalam Bidang Psikologi, Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III, Yogyakarta, 3 Nov 2012.
Pratiwi. D., 2014, Decision Support System to Majoring High School Student Using Simple Additive Weighting Method, International Journal of Computer Trends and Technology (IJCTT), Vol. 10, No. 3, Hal 153 - 159.
Rohman, N., Darmawan. Y.M., 2013, Aplikasi Test Minat dan Bakat Penerimaan Siswa Baru pada SMK TI Garuda Nusantara Cimahi Menggunakan Visual Basic.Net, Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 7, No.1, Hal 13 – 18.
Yulianto., Setiadi, A., Adnandi, M. A., Wibowo, S. T., Pratama, D., Rizky, A. B., 2015, Analisa Sistem Pakar untuk Identifikasi Kepribadian Siswa Menggunakan Algoritma Fuzzy pada Siswa SLTA, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015, Yogyakarta, 6-8 Februari 2015.
Saputro, D. A. H., 2013, Peta Minat Vokasional Siswa SMA dan SMK di Kota Salatiga Berbasis Teori Holland, Tesis, Magister Sains Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Surianti., Wijaya, E., 2017, Rancangan Sistem Pakar Psikotes untuk Penyeleksian Penerimaan Karyawan pada STMIK TIME Medan, Jurnal Times Technology Informatics & Computer Systems, Vol. 6, No. 2, Hal 69 – 78.
Ahyuna., Irmawati., 2016, Perancangan Aplikasi Tes IQ Siswa untuk Pertimbangan Pemilihan Jurusan dengan Metode Forward Chaining, Citec Journal, Vol. 3, No. 2, Hal 102- 112.
Kasma, P. F., 2013, Menentukan Kecenderungan dan Karakter Seseorang dengan Sistem Pakar Menggunakan Tekhnik Backward Chaining Menerapkan Prinsip Experiental Learning, Eksplora Informatika, Vol. 2, No. 2, Hal 159 – 168.
Sternberg. R. J., 2003, Cognitive Psychology (3rd ed.) Fort Worth, Harcourt Brace, Texas.
Solso, R. L., Maclin, O. H., Maclin, M. K., 2009, Psikologi Kognitif (Edisi 8). Erlangga, Jakarta.
Holland. J. L., 1985, Making Vocational Choice; A Theory of Vocational Personality & Work Environment. Prentice – Hall, New Jersey.
Khasanah, T. N., 2015, Instrumen Tes Pilihan Ganda, http://oktobernursenja.blogspot. com/2015/05/instrumen-tes-pilihan-ganda.html, diakses tanggal 19 Agustus 2018.
Vionita, E., 2015, Penskoran, https://www.academia.edu/16874042/PENSKORAN, diakses tanggal 19 Agustus 2018.
Setiawati. F. A., 2012, Paired Comparison sebagai Sebuah Model Instrumen untuk Menggali Karakteristik Nonkognitif Siswa, 1st International Seminar On Guidance and Counseling, Yogyakarta, 8-9 September 2012.
DOI: https://doi.org/10.24076/citec.2017v5i1.169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Dedicated to: