Penentuan Wali Kelas Yang Ideal Menggunakan Metode TOPSIS

Nafis Sururi, Kusrini Kusrini, Sudarmawan Sudarmawan

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting dalam suatu negara. Pendidikan bisa didapatkan pendidikan formal, informal maupun nonformal. Contoh pendidikan formal adalah sekolah dan pergururan tinggi, di dalam sekolahan terdapat wali kelas yang bertanggung jawab terhadap peserta didik di satu kelas atau ruang belajar di lingkungan sekolah. Dalam menentukan wali kelas yang ideal kepala sekolah dapat melihat karakteristik dan kemampuan yang dimiliki guru secara objektif. Multiple Criteria Decision Making (MCDM) merupakan salah satu metode yang paling banyak digunakan dalam pengambilan keputusan. Salah satu metode MCDM adalah Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Penelitian ini menggunakan metode TOPSIS yang dapat menganalisis keputusan multi-kriteria dimana metode tersebut dapat memilih alternatif terbaik dengan jarak terdekat dari alternatif ideal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penentuan wali kelas dilakukan dengan cara mencari nilai preferensi setiap guru yang paling besar dari 3 kelas yang digunakan. Perhitungan yang dilakukan menggunakan bobot berbeda pada setiap kelas agar mendapatkan nilai prefensi sebagai acuan penentuan wali kelas yang ideal.
Kata Kunci—Wali kelas, Ideal, TOPSIS

Education is one of the important things in a country. Education can be obtained from formal, informal or non-formal education. Examples of formal education are schools and high schools, in schools there is a homeroom teacher who is responsible for students in one class or study room in a school environment. In determining the ideal homeroom, the principal can see the characteristics and abilities of the teacher objectively. Multiple Criteria Decision Making (MCDM) is one of the most widely used methods in decision making. One of the MCDM methods is Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). This study uses the TOPSIS method which can analyze multi-criteria decisions where the method can choose the best alternative with the closest distance from the ideal alternative. The results obtained from this study are Determination of the homeroom teacher is done by finding the preference value of each teacher, the largest of the 3 classes used. Calculations performed using different weights for each class in order to get the value of the prefix as a reference for determining the ideal homeroom teacher.
Keywords—Homeroom teacher, Ideal, TOPSIS


Full Text:

PDF

References


Mustika, Z., 2015, Pentingnya Peranan Wali Kelas Dalam Pembelajaran, Jurnal Intelektualita, Vol. 3, No. 1, Hal 65 - 78.

Sahram, 2018, Peranan Wali Kelas Dalam Membentuk Perilaku Siswa Di Sdn 7 Bungtiang Tahun 2013, Jurnal Palapa, Vol. 2, No. 2, Hal 78 – 92.

Hasugian, P. S., Hutahaean, H. D., Sitohang, H. T., .2017. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Guru Wali Kelas Pada Smp Negeri 19 Medan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting, Journal of Informatic Pelita Nusantara, Vol. 2, No. 1, Hal 32 – 39.

Falahah, S. R., 2016, Penerapan Metoda TOPSIS pada Analisis Penentuan Posisi Ideal Pemain Sepak Bola (Studi Kasus Pembinaan Pemain Usia Dini pada SSB), Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), Yogyakarta, 6 Agustus.

Fitriana, dkk.,2015, Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Prestasi Akademik Siswa dengan Metode TOPSIS, Citec Journal, Vol. 2, No. 2, Februari 2015 – April 2015

Windarto, A. P., 2017, Implementasi Metode Topsis Dan Saw Dalam Memberikan Reward Pelanggan, Kumpulan JurnaL Ilmu Komputer (KLIK), Vol. 04, No.01, Hal 88 – 101.

Febistian, H., Andreswari, D., Erlansari, A., 2015, Implementasi Metode Mcdm Dalam Pemilihan Kantor Urusan Agama (Kua) Teladan Dengan Menggunakan Promethee (Studi Kasus: Kementerian Agama Kepahiang), Jurnal Rekursif, Vol. 3, No. 2, Hal 196 – 207.

Prasetya,W. S., Kusrini, Fatta, A. H., 2018, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Asuransi Studi Kasus: PT Commonwealth Life Pontianak, Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, Vol. 8, No. 1, Hal. 105-116.




DOI: https://doi.org/10.24076/citec.2018v5i2.163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Dedicated to:

 

Creative Information Technology Journal (CITEC Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License