Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process untuk SPK Penyeleksian Naskah Layak Terbit

Ekastini Ekastini, Kusrini Kusrini, Emha Taufiq Luthfi

Abstract


Proses penilaian terhadap naskah merupakan standar penerbitan yang merupakan sarana untuk memperlancar proses penerbitan secara optimal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait dengan efisiensi dan efektifitas pada pengelolaan penilaian administratif naskah yang dilakukan oleh penilai dan terkait munculnya masalah dalam proses penentuan bobot dan evaluasi terhadap naskah serta adanya kendala terkait subjektivitas berupa penilaian bobot kriteria dan subkriteria, ambiguitas proses evaluasi naskah, kecepatan dan ketepatan agregasi antara bobot kriteria hasil dan evaluasi untuk mendapatkan prioritas  naskah. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah model yang dapat menggambarkan seluruh sistem komputerisasi yang dapat mendukung dalam proses pengambilan keputusan. Sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode  Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) ini melakukan penilaian pada setiap naskah dengan ragam kriteria dan nilai bobot. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan usulan untuk penentuan prioritas naskah yang layak untuk diterbitkan dan dapat membatu pengambil keputusan kelayakan naskah dalam mengambil keputusan. Berdasarkan analisis dengan menggunakan metode FAHP maka didapatkan hasil suatu alternatif pendukung keputusan penentuan naskah layak terbit dan didapatkan tingkat akurasi sebesar 85% terhadap sistem

Full Text:

PDF

References


Joni, I., D., Ariana, A., A., 2014, Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Peneriman Dosen Tetap Yayasan dengan Metode Fuzzy AHP, Jurnal Ilmiah NERO, Vol. 1, No. 2, Hal. 23-32.

Perdanawanti, L., 2016, Rancang Bnagun Sistem Informasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Desa Siaga di Puskesmas Kalibagor Kabupaten Banyumas, Jurnal Telematika,Vol. 9, Hal.27-41.

Nurdin, Miranda, 2015, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan PTS di Lokhseumawe Menggunakan Metode Fuzzy AHP Berbasis Web, JURNAL INFORMATIKA, Vol. 9, No. 2, Hal.1048-1056.

Wibisono, D., 2013, Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis dan Disertasi, Yogyakarta, Penerbit Andi.

Syafrizal, M., 2010, Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System), Jurnal DASI.

Maghfiroh, S., Irawan, M., I., 2016, Perancangan dan Implementasi Perangkat Lunak Sistem Pendukung Keputusan Multi Kriteria Menggunakan AHP, Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 5, No. 2, Hal. A-31-A-36.

Aprilia, R., I., Fachrurrozi, M., 2016, Sistem Rekomendasi Bacaan Tugas Akhir Jurusan Tehnik Informatika Universitas Sriwijaya menggunakan Metode Collaborative Filtering dan Naive Bayes, Annual Research Seminar, Vol. 2, No. 1, Hal. 343-347.




DOI: https://doi.org/10.24076/citec.2017v4i2.103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Dedicated to:

 

Creative Information Technology Journal (CITEC Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License