Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Dasar Islam di Pontianak

Ana Fitriana, Tri Widayani

Abstract


Penggunaan Sistem pendukung keputusan pada pemilihan sekolah dasar Islam di Pontianak adalah untuk membantu orang tua yang akan menyekolahkan anaknya di sekolah dasar Islam Pontianak yang tepat sesuai dengan harapan orang tua. Keputusan ini tentunya didukung oleh beberapa kriteria antara lain adalah akreditasi, program pembelajaran, kualitas guru, fasilitas sekolah, lingkungan sekolah dan output dan prestasi. Kriteria-kriteria tersebut diperoleh berdasarkan kuesioner dan wawancara dengan wali murid sekolah dasar islam. Sistem pendukung keputusan pemilihan sekolah dasar Islam Pontianak menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), dimana proses pengambilan keputusan dilakukan dengan menilai alternatif pilihan berdasarkan kriteria yang sudah di tentukan. Hasil perhitungan memperlihatkan bahwa kriteria yang terpenting di dalam pemilihan sekolah dasar islam adalah output dan prestasi yang dihasilkan dengan nilai 0,488, diikuti dengan kriteria akreditasi dengan nilai 0,359, kriteria proses pembelajaran dengan nilai 0,253, kriteria kualitas guru dengan nilai 0,158, kriteria fasilitas sekolah dengan nilai 0,150, dan lingkungan sekolah dengan nilai 0,069.

The purpose of decision support system selection the Islamic elemantry school is to help parents who are sending their kids to Islamic elementary school in Pontianak appropriate to their expectations. The decisions supported by several criterias there are accreditation, learning program, teacher quality, school facilitation, school environment, and achievement and output. Those criteria shown by results of parent’s answer who send their kids school at Islamic Elementary school at Pontianak via quessionnaire and interview Decision support system to choose Islamic elementary school in Pontianak using analytical hierarchy process (AHP) method, in which decision processing performed with assessing the alternative option based on several criteria that shown by its parents who send their kids to Islamic Elementary School in Pontianak from interview and questionnaire results. The result indicate achievement and output is the most important criteria is at 0,488, and then 0,359 acreditation, 0,253 learning program, 0,158 teacher quality, 0,150 school facility, and last is school environtment 0,069.


Full Text:

PDF

References


Scoolmap Kota Pontianak, Tabel Sekolah SD/MI dan Jumlah Siswa, (http://schoolmap.dindikptk.net/siswa_rkpjlh.php?jenjang=SD/MI&tahun=2012, diakses tanggal 3 Nopember 2016.

Alter, 2002, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi, Yogyakarta.

Faisal, Permana, S. D. H., 2015, Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan yang Terfavorit dengan Menggunakan Multi-Criteria Decision Making, Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol 2, no 1, hal 11-19.

Khasanah, F. N., Permanasari, A. E., Kusumawardani, S. S., Fuzzy Multi Attribute Decision Making for Major Selection at Senior High School, ICETEA 2015, Surakarta, 15 Oktober 2015.

Doka, K. M., Ahmad, F., Shamsuddin, S. N. W., Ghazali, N., Awang, W. S. W., 2014, Integrated Decision Support System for Human Resource Selection Using TOPSIS Based Models, The Third International Conference on Informatics & Applications (ICIA2014), Kuala Trengganu, 8-10 Oktober 2014.

Saaty, T. L., 2008, Decision Making with the Analytic Hierarchy Process, International Journal of Services Sciences, vol 1, no 1, hal 83-98.

Saaty, T. L., 2000, Fundamentals of Decision Making and Priority Theory with The Analytic Hierarchy Process, RWS Publications.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License