Fuzzy Inference System Tsukamoto Penentuan Nilai Reward yang Diterima Karyawan

Yogi Primadasa, Alfiarini Alfiarini

Abstract


Karyawan sangat berperan penting terhadap kesuksesan sebuah lembaga, sehingga dalam pemberian reward, perguruan tinggi harus mempertimbangkan kriteria yang dibutuhkan. Untuk pemberian reward yang pantas, lembaga melakukan seleksi untuk kandidat karyawan. Permasalahan timbul dikarenakan banyak faktor lain yang mempengaruhi sistem penerimaan reward. Dalam pemberian reward terkadang tidak objektif dalam penentuan nilai-nilai yang menjadi kriteria. Oleh karena itu, dibuatkan suatu sistem pendukung keputusan, yang nantinya dapat membatu dalam pengambilan keputusan terkait nilai-nilai yang menjadi kriteria yang menjadi aspek pendukung. Sistem ini didukung dengan Fuzzy Inference System menggunakan metode Tsukamoto yang dibuat berdasarkan norma-norma sumber daya manusia dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Parameter yang dijadikan kriteria pemberian reward karyawan ada 3 yaitu Kinerja, Kedispilinan dan Kemampuan karyawan. Untuk mecari nilai keangotaannya masing – masing variabel akan menggunakan kurva linier. Nilai Keanggotaan ini kemudian dicari nilai fire strength dan nilai bobotnya untuk kemudian dicari nilai Z rata-rata terbobot. Nilai Z rata-rata terbobot inilah yang dijadikan acuan dalam menentukan reward.

Full Text:

PDF

References


Puspitasari, R., 2015, Pengaruh Pemberian Hadiah (Reward) Terhadap Kemandirian Belajar Anak di TK Tunas Muda Karas Kabupaten Magetan TA 2015/2016, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi”, Surakarta, 21 November 2015.

Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta, Andi Offset.

Pribadi, D. N., 2014, Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Reward Kepada Karyawan Menggunakan Metode Perbandingan Eksponensial (Studi Kasus: PT HD Finance, Surabaya)

Zaki, A., Santoso, H. A., 2016, Model Fuzzy Tsukamoto untuk Klasifikasi dalam Predisksi Krisis Energi di Indonesia, Citec Journal, No 3, Vol 3, hal 185-199.

Sari, N. R., Mahmudy, W. F., 2015, Fuzzy Inference System Tsukamoto Untuk Menentukan Kelayakan Calon Pegawai, Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, Surabaya, 2-3 November.

Wiguna, R. Y., Haryanto, H., 2015, Sistem Berbasis Aturan Menggunakan Logika Fuzzy Tsukamoto Untuk Prediksi Jumlah Produksi Roti Pada CV.Gendis Bakery. Skripsi. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Maryaningsih, Siswanto, Mesterjon, 2013, Metode Logika Fuzzy Tsukamoto Dalam Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Beasiswa, Jurnal Media Infotama, Vol 9, No 1, Hal 140165.

Sri,Kusumadewi, 2003, Artificial Integellince (Teknik dan Aplikasinya).Yogyakarta. Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.24076/citec.2017v4i2.102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Dedicated to:

 

Creative Information Technology Journal (CITEC Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License