Editorial Policies

Focus and Scope

Creative Information Technology Journal (CITEC jurnal) adalah Jurnal Ilmiah yang terbit dari tahun 2013, berisi hasil penelitian ilmiah dibidang ilmu komputer, teknik komputer, informatika, sistem informasi, dan teknik industri.

Jurnal ini bertujuan untuk menjembatani adanya kesenjangan antara kemajuan teknologi informasi secara faktual dengan hasil penelitian yang ada. Diharapkan dengan adanya Jurnal CITEC mampu membantu para dosen dan mahasiswa dalam memplubikasikan karya ilmiah mereka sehingga hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan rujukan penelitian selanjutnya.

Jurnal Citec terbit empat kali setahun pada bulan November, Februari, Mei, dan Agustus.

Jurnal Citec terdaftar dengan nomor print ISSN 2354-5771 dan ISSN Online 2460-4259, diterbitkan pertama kali pada tahun 2013.

Jurnal DOI: http://dx.doi.org/10.24076/citec

Download template

Download pedoman penulisan

Download surat pernyataan / copyright


Kebijakan bagian Teknik Informatika

Editor :

  • Ema Utami
  • Djoko Sutarno
  • Kusrini

Kebijakan bagian Komputer

Editor :

  • Ema Utami
  • Arief Setyanto
  • Ferry Wahyu Wibowo

 

Section Policies

 

Peer Review Process

Setiap manuskrip yang masuk ke redaksi Jurnal CITEC akan diperiksa terlebih dahulu oleh dewan redaksi apakah jurnal tersebut telah sesuai dengan format dan penulisan Jurnal CITEC selama 1 - 2 minggu.

Manuskrip yang telah diperiksa dan dinyatakan sesuai dengan format dan pedoman penulisan Jurnal CITEC  selanjutnya akan didistribusikan ke mitra bestari sebagai reviewer. Dalam hal ini membutuhkan waktu sekitar 4 - 10 minggu. Pereview berasal dari berbagai Institusi yang memiliki kompetensi dibidang ilmunya.

Beberapa kategori penilaian adalah Judul, Abstract, Sistematika Penulisan, Substansi dan unsur plagiasi yang dicek menggunakan software plagiarism.

Hasil dari penilaian adalah Diterima, Diterima dengan Perbaikan, dan Ditolak. Hasil Review Naskah akan dikirim langsung ke kontak penulis.

Jika manuskrip dinyatakan diterima, maka penulis tidak perlu melakukan revisi. Namun jika manuskrip dinyatakan diterima dengan revisi, maka penulis harus memperbaiki manuskrip sesuai dengan hasil review dan mengembalikan ke tim redaksi jurnal CITEC dalam kurun waktu 1 - 2 minggu.

Proses Blind Peer Review

Redaksi akan mendistribusikan ke Reviewer jurnal yang telah sesuai dengan format CITEC Journal dan sesuai Bahasan dalam CITEC Journal. CITEC Journal menggunakan Blind Review Process, yaitu dengan membuat rewiewer dan penulis tidak mengetahui identitas masing – masing. Hal tersebut dimaksudkan agar proses review berjalan obyektif.

 

Open Access Policy

Jurnal CITEC menyediakan akses terbuka (open access) langsung ke konten pada prinsip bahwa membuat penelitian secara bebas tersedia untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan secara global.

 

Archiving

Jurnal CITEC menyediakan akses terbuka (open access) langsung ke konten pada prinsip bahwa membuat penelitian secara bebas tersedia untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan secara global.

Jurnal CITEC menggunakan OJS sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi diantara perpustakaan yang berpartisi dan mengizinkan perpustakaan itu untuk membuat arsip permanen jika tujuannya untuk preservasi dan restorasi. Lebih lanjut terkait dengan LOCKSS, silahkan klik.

 

Subscribe

CITEC Journal adalah jurnal yang fokus membahas hasil penelitian dalam ilmu komputer, teknik komputer, informatika, sistem informasi, dan teknik industri.

Jurnal CITEC terbit 4 kali dalam setahun. Setiap tahun CITEC Journal menerbitkan 1 Volume Jurnal  yang terdiri dari empat kali terbitan. Terbitan Pertama dalam setiap Volume pada bulan November – Januari, terbitan kedua setiap Februari-April, terbitan ketiga Mei-Juli, dan terbitan akhir setiap Agustus-Oktober.

Tidak dipungut biaya apapun untuk mencakup biaya pemrosesan artikel (APC), biaya pengiriman, biaya halaman, biaya warna atau biaya lain yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses publikasi untuk seorang penulis atau mempublikasikan papernya.

Hanya ada biaya berlangganan yang dilakukan dengan memesan minimal empat edisi (1 tahun) sebesar Rp. 450.000,- dengan menambahkan biaya kirim untuk tujuan diluar pulau Jawa.